Senin, 05 Oktober 2020


Biji kurma merupakan produk sampingan dari buah kurma dan sebagian besar diproduksi di Timur Tengah. Biji kurma biasanya dibuang, atau digunakan sebagai bahan pakan ternak. Namun karena khasiatnya yang banyak, biji kurma kini diolah menjadi berbagai produk.             

Dilansir dari Health Benefit Times (8/6) biji kurma mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, lemak, abu dan protein. Selain itu, kandungan antioksidan dalam biji kurma yang sudah diolah jadi minyak, disebut-sebut mirip dengan minyak zaitun.  

Biji kurma merupakan benih yang dilapisi kulit keras, biasanya berbentuk lonjong dan memiliki embrio kecil. Satu buah kurma memiliki berat sekitar 4-6 gram atau sekitar 20 persen dari berat total buah kurma. Namun hal ini dipengaruhi juga dengan jenis buah kematangan dan varietas buah kurma.

Belum banyak yang tahu soal produk minyak biji kurma. Padahal minyak nabati ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak biji kurma mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab hadirnya penyakit.          

Biji kurma tidak hanya mengandung nutrisi utama seperti potasium, magnesium, kalsium, dan fosfor, tetapi juga mengandung asam lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh. Buah kurma mengandung minyak, tetapi bijinya memiliki kandungan yang lebih besar. Minyak yang diekstraksi dari biji kurma memiliki komposisi vitamin, nutrisi, dan asam lemak esensial yang mengesankan, termasuk oleat, linoleat, laurat, palmitat, dan asam lemak stearat.               

Minyak biji kurma sangat baik untuk merawat kesehatan rambut. Kandungan minyak biji kurma menyehatkan folikel rambut dan menjaga rambut dengan optimal. Helai rambut jadi lebih kuat dan sehat, demikian juga bagian kulit kepala yang lembab dan sehat.

Menurut Yusuf Al-hajj Ahmad dalam buku Islamic Medicine membahas bahwa minuman kopi biji kurma bisa memberikan tenaga untuk orang yang meminumnya. Kopi biji kurma juga memiliki banyak khasiat.                        

Khasiat kopi biji kurma ini antara lain membantu menyembuhkan lemah syahwat, membantu meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan capek dan lesu. Kopi biji kurma juga membantu mengobati darah tinggi, kolesterol, stoke hingga asam urat.

Anda bisa membeli kopi biji kurma Kobiku dengan klik disini atau bisa wa di 085749 647467

 

Sumber : https://food.detik.com/

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts